Berita Tanggal : 31 January 2019

 

Bank Indonesia (BI) akan segera memiliki kantor perwakilan baru di Gorontalo. Hal itu seiring proses pembangunan kantor tersebut yang kemajuannya mencapai 72 persen.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo menargetkan kantor perwakilan itu bisa beroperasi pada Mei 2018.

"Kami segera buka kantor perwakilan yang baru di Gorontalo," ujar Agus usai serah terima jabatan Kepala kantor Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo, Senin (29/1/2018).

Dengan ada kantor perwakilan baru itu, Agus menuturkan akan memungkinkan BI menjalankan tugas dan fungsi Bank Indonesia yang lengkap. Fungsi itu bukan hanya sebagai otoritas monoter namun juga dipastikan akan melayani sistem pembayaran dan peredaran rupiah yang lebih baik.

"Kami sedang persiapkan sumber daya manusianya. Supaya kegiatan kegiatan terkait dengan peredaran uang rupiah yaitu mengedarkan uang bisa dilakukan," ujar dia.

Tidak hanya itu, kegiatan transaksi pembayaran melalui sistem clearing nasional ataupun kegiatan non tunai seperti pengawasan di jasa money changer dan kegiatan tranfer dana, semua bisa dilakukan di kantor perwakilan Bank Indonesia yang baru di Gorontalo.

Agus Martowardojo juga mengatakan dari pertumbuhan ekonomi, Gorontalo senantiasa berada di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional. Dia menilai sebagai provinsi yang relatif baru terbentuk, momentum tersebut harus dipertahankan.

"Kami juga melihat, sumber pertumbuhan ekonomi di Gorontalo adalah lebih dari konsumsi. Akan tetapi juga dari sektor pertanian. Tentu ke depan diharapkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi ini dapat ditingkatkan," kata dia.

Dia menilai pengembangan beberapa bentuk industri yang memiliki nilai tambah serta pariwisata, bisa menjadi sektor yang membantu pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

"Beberapa sektor ekonomi ini yang kami anggap dapat membantu pertumbuhan ekonomi di Gorontalo," ujar dia

Liputan6.com, Gorontalo

http://bisnis.liputan6.com/read/3242817/bi-targetkan-kantor-perwakilan-gorontalo-rampung-mei-2018